Iyeth Bustami

Senin, Juli 01, 2013

Zapin~
Aku dendangkan lagu Melayu
Pelipur hati...  pelipur lara...

Laksmana Raja di laut
Bersemayam di bukit batu
Hati siapa tak terpaut
Mendengar lagu zapin melayu...

Siapa sih yang tidak kenal dengan lirik lagu diatas? Jika membahas soal lagu Melayu, pasti lagu Zapin ini yang paling terkenal dan populer. Tapi, tahukah anda siapa yang menyanyikannya? Hanya orang-orang tertentu saja yang tahu. #wEdeww hehhe. Masih ingin tahu? siap deh Gumi bakal kasih tahu di postingan kali ini.




Dialah Sri Barat atau lebih kita kenal dengan nama Iyeth Bustami. Penyanyi kelahiran Riau 24 Agustus 1974. Sejak kecil, ia terbiasa mendengarkan berbagai jenis musik. Dari situlah bakatnya muncul. Ia sering bernyanyi dari kafe satu ke kafe yang lainnya dengan genre musik yang berbeda-beda. Mulai dari pop hingga jazz. 


Namun akhirnya, istri dari Eka Sapta nugraha ini memantapkan diri berkarir di jalur musik Melayu. Lagu Laksamana Raja di Laut atau Zapin adalah lagu Melayu yang sudah tercipta sejak lama dan menjadi lagu populer di Kepulauan Riau yang kembali dibawakan oleh Iyeth.

Melalui single lagu daerah tersebut, Ia mampu mendapatkan tiga penghargaan di ajang Anugerah Dangdut TPI 2003, yaitu sebagai Penyanyi Rekaman Lagu Dangdut Wanita Terbaik. Sedangkan lagunya sendiri meraih penghargaan Aransemen Lagu Dangdut Konvensional Terbaik dan Video Klip Terbaik.

Dalam kehidupan pribadinya, Iyeth menikah siri dengan Eka pada 6 April 2004 di KUA Denpasar Barat, Bali. Pasangan Iyeth dan Sapta dikaruniai anak ketiga pada 23 Februari 2009.

Sekarang ini Ia jarang tampil di layar kaca dan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarganya. Tapi, Ia masih sering menyanyi dalam acara offair. Mengisi acara untuk para pejabat negara.

Bila dihadapan para pejabat atau pemimpin negara, Ia selalu membawakan lagu jazz dan lagu-lagu lama. Kemampuannya membawakan lagu beragam genre itu yang membuatnya kerap diundang menyanyi di istana dan kantor kementerian. Di Malaysia pun, namanya dikenal luas. Nama Iyeth Bustami dikenal berkat Laksamana Raja di Laut. Lagu pop melayu itulah yang membuatnya populer hingga ke negara tetangga, Malaysia.

Basically Ia adalah penyanyi jazz dari pengalamannya dulu memang bernyanyi jazz di cafe-cafe. Jadi sampai sekarang jika Ia tampil Ia suka membawakan lagu di luar (lagu) melayu.

Kemampuannya menyanyikan beragam genre itu yang mengantarkannya hingga ke istana. Pemilik nama asli Sri Barat itu kerap didapuk tampil menghibur tamu negara membawakan lagu pop melayu, jazz hingga lagu-lagu tradisional.

Selama menjadi penyanyi langganan istana, banyak pengalaman menarik yang didapat Iyeth. Selain tentunya sederet aturan yang harus dipatuhinya. Beda rasanya ketika tampil di istana. Tapi yang paling penting, pakaian di sana tidak boleh terbuka dadanya. Tapi Ia sendiri tak terlalu repot karena memang busananya dari dulu begitu, berpakaian santun.

Selain istana, Iyeth kerap diundang menyanyi di kantor kementerian. Seperti kemarin, dia menghibur tamu dalam peluncuran buku Kesan dan Kedaksian Pejuangan Darori Wonodipuro, Penuturan Sahabat, Kolega dan Keluarga yang digagas Kementerian Kehutanan.

Saat ini aktivitasnya lebih banyak off air ketimbang on air. Jadi, dia memang jarang tampil di televisi, tetapi tidak vakum.

Lalu, kapan meluncurkan album baru? Ia belum punya rencana untuk itu. Sebab, dia sadar kalau sekarang masanya girlband dan boyband, sehingga dia khawatir albumnya tak laku seperti yang terjadi di album sebelumnya. Terlebih, sekarang cukup sulit baginya menemukan produser yang mau membiayai penggarapan albumnya.

Itu yang membuatnya memutuskan membangun label musik sendiri. Jadi, dia tak perlu lagi bersusah payah mencari produser yang bersedia bekerjasama dengannya, ke sana kemari.



Sumber :

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images